BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang dan Tujuan Pendirian
Berdasarkan Undang-Undang No 23 tahun 1992 tentang
kesehatan dijelaskan bahwa pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan
kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap individu warga negara
Indonesia agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Derajat
kesehatan masyarakat yang optimal akan dapat menjamin keberhasilan pada tujuan
pembangunan nasional sehingga untuk dapat mewujudkan hal tersebut
diselenggarakan upaya kesehatan dengan menitikberatkan pada dimensi pengobatan
dan pemulihan penyakit. Kesemuanya itu dapat dilaksanakan secara komprehensif,
terpadu dan berkesinambungan. Salah satu uapaya dalam penyelenggaraan kesehatan
tersebut mempersiapkan sumber daya manusia kesehatan Indonesia yang berkualitas
sesuai dengan kompetensinya masing masing. Untuk mempersiapkan sumber daya
manusia kesehatan yang kerkualitas dan kompeten sesuai bidang keahliannya, maka
perlu dipersiapkan tenaga tenaga yang memadai, hal ini hanya bisa terpenuhi
apabila institusi pendidikan tersedia sesuai dengan kebutuhan.
Terdorong
rasa ingin ikut serta dalam meningkatkan pemenuhan kebutuhan akan sumber daya
manusia kesehatan di Indonesia khususnya, maka Yayasan Amanah Insan Husada
Sejahtera Surakarta, ingin turut mengambil bagian dalam pengembangan pendidikan
tingkat menengah dengan rencana mendirikan sekolah menengah kejuruan (SMK), Bidang Keahlian
Kesehatan Kompetensi Keahlian Keperawatan. Yayasan Amanah Insan Husada
Sejahtera Surakarta. Perlu kami sampaikan bahwa Yayasan Amanah Insan Husada
Sejahtera Surakarta, telah cukup lama dalam mengelola pendidikan baik
pendidikan Tinggi maupun pendididkan menengah. Sejak tahun 1983 kami telah
mengelola Sekolah Perawat
Kesehatan (SPK) PPNI Surakarta, yang berdiri sejak tahun 1983 dengan SK Pendirian N0:
66/KEP/DIKLAT/KES/83. Sekolah ini dalam perkembangannya dari tahun ke tahun cukup
baik, bahkan sejak tahun 1989 sampai tahun 1995 telah dipercaya untuk mengelola Program Pendidikan Bidan
(PPB) yang merupakan D I Kebidanan ( lama pendidikan Satu tahun setelah lulus
SPK ).
Seiring
perkembangan institusi pendidikan di bidang
kesehatan akhirnya SPK PPNI Surakarta, mengembangkan diri menjadi Diploma III
Keperawatan sejak
tahun 2000 – Sekarang.
Berdasarkan pengalaman menyelenggarakan pendidikan selama
kurang lebih 28
tahun ( Sejak tahun 1983 sampai tahun 2011 ), baik dalam menyelenggaraan pendidikan perawat tingkat
SPK, tingkat akademi, dan program
Diploma I (D I ) Kebidanan . AKPER PPNI Surakarta masih dipercaya untuk
mendidik calon - calon perawat profesional.
B.
Bentuk
dan Nama Sekolah
Melihat
kebutuhan dan animo masyarakat terhadap pendidikan kesehatan, maka kami sepakat
untuk mendirikan sekolan menengah kejuruan Bidang Keahlian Kesehatan Kompetensi
Keahlian Keperawatan, dengan alasan sekolah menegah ini memiliki beberapa
keunggulan antara lain, lulusan dari sekolah menengah ini memiliki kesempatan
yang luas untuk mengembangkan diri kedepan, yakni bisa bekerja sesuai
kompetensinya, bagi yang ingin melanjutkan dapat melanjutkan ke jenjang
pendidikan tinggi sesuai bidang keahliannya atau bahkan ke bidang bidang yang
lainnya
Adapun
nama sekolah yang kami sepakati adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) “ EMPAT
LIMA ” Surakarta Bidang Keahlian Keperawatan, yang diharapkan mampu menjadi
wadah bagi putra putri bangsa Indonesia dalam mencari ilmu dan bekal masa
depannnya.
C.
Lokasi
Sekolah dan Dukungan Masyarakat
Sekolah
yang akan kami selenggarakan terletak di Jl. Let. Jend. Sutoyo Gg. Jodipati No
10, Mojosongo, Jebres, Surakarta, dalam satu komplek dengan Akademi Keperawatan
PPNI Surakarta, yang bernaung dalam satu yayasan.
Letak
sekolah ini cukup strategis baik dalam segi akses jalan maupun lingkungan
belajar. Terletak di desa Genegan yang cukup nyaman dan kondusif untuk proses
belajar karena tidak dipinggir jalan raya, dengan masyarakat yang ramah.
Aksesdari dan ke fasilitas-fasilitas pelayan umum relatif dekat antara lain:
RSUD Dr. Moewardi surakarta, RS Dr. Oen Kandangsapi, RSU Kota Surakarta,
Terminal Tirtonadi, Stasiun Balapan, dll. Dengan adanya dukungan fasilitas
tersebut akan memudahkan peserta didik melakukan aktifitas baik yang
berhubungan dengan proses belajar maupun aktivitas umum lainnya.
D.
Sumber
Peserta Didik
Peserta
didik yang bisa masuk ke sekolah ini adalah seluruh lulusan dari sekolah
menengah atau yang sederajat yang memenuhi ketentuan atau persayaratan yang
berlaku.
E.
Guru
dan Tenaga pendidikan serta Non-Kependidikan
Guru dan Tenaga
pendidikan serta Non kependidikan yang
kami miliki adalah sebagai berikut :
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Demikian sedikit tentang kami, mari bergabung bersama kami.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar